Senin, 19 Desember 2011

SURVIVAL


sumber

SURVIVAL berasal dari kata survive yang berarti mampu mempertahankan diri dari keadaan tertentu dan SURVIVOR adalah  orang yang sedang mempertahankan diri keadaan yang buruk. Survival merupakan kehidupan dengan waktu mendesak untuk melakukan improvisasi yang memungkinkan. Kuncinya adalah menggunakan otak untuk improvisasi.

Statistik membuktikan hampir semua situasi survival mempunyai batasan waktu yang singkat, hanya 3 hari atau 72 jam bagi orang hilang, dan yang mampu bertahan cukup lama tercatat sangat sedikit sekitar 5%, itupun karena pengetahuan dan pengalamannya.
Dalam kondisi survival tantangan yang sangat dominan adalah sikap mental atau psikologis untuk mencari kebutuhan tubuh dan untuk memperolehnya di butuhkan gagasan-gagasan dengan dasar pertimbangan dari pengalaman atau pendidikan yang pernah diikuti, pengalaman hidup dengan resiko tinggi dan aktivitas menantang terbukti dapat membuat orang belajar untuk berbuat yang lebih baik dan melakukan adaptasi efektif.

Sikap cepat tanggap dalam keadaan darurat sangat di perlukan. Setiap orang harus dapat berbuat yang terbaik dalam memprioritaskan pandangan terhadap lingkungan darurat. Hal ini tidak udah karena sikap ini perlu latar belakang pengetahuan dan keterampilan. Bila semua prioritas telah di peroleh, tetapi masih kehilangan kemauan untuk hidup atau kemampuan untuk menguasai mental yang di sebabkan kondisi fisik, maka akhirnya akan hilang sama sekali. Kondisi yang demikian sangat mebahayakan dan bahkan sesuatu yang menguntungkan pun akan di buangnya. Dan yang perlu di ingat, janganlah meremehkan sesuatu yang anda lihat.
Sikap mental positif sangat di perlukan untuk menganalisa semua yang bertentangan dengan tubuh.

Ada dua persoalan yang berguna dalam menghadapi situasi survival :
1.     Kesiapan mendiskusikan dengan jelas “apakah anda ingin hidup ?”, ungkapan yang sederhana. Secara naluriah manusia mempunyai insting untuk menjaga diri. Banyak kegiatan survival yang menunjukkan adanya jalan keluar dari periode fisik ekstrem dan mental stress ke posisi tenang. Sadar atau tidak orang mempunyai kekuatan untuk dirinya sendiri terhadap kematian. Oleh karena itu setiap orang juga mempunyai kekuatan untk dirinya sendiri terhadap kehidupan kehidupan.

2.    Kemampuan untuk memecahkan persoalan, hal ini di dapat jika kita mampu mempertahankan kondisi tubuh. Sebagai contoh : tubuh manusia bekerja optimum dengan temperature 37˚c. mengabaikan temperatur lingkunan akan menyebabkan penyempitan susunan fungsi inti di dalam tubuh yang efektivitasnya tinggi yang pada akhirnya akan mengganggu peredaran darah, menurunkan aktivitas sel, dan akhirnya otak akan cepat kehilangan hubungan dengan realitas, dan pada akhirnya akan bertindak irrasional bersamaan dengan turunnya koordinasi yang akan berakibat fatal. Pengalaman dan pengetahuan tidak aka nada gunanya jika tubuh hanya bekerja dengan separuh kemampuannya, penghematan sumber daya seperti energy, panas dan air adalah penting.

MENGAPA ADA SURVIVAL ?
Timbulnya kebutuhan survival karena adanya usaha manusia untuk keluar dari kesulitan yang di hadapi. Kesulitan tersebut di antaranya :
  ● Keadaan alam (cuaca dan medan)
  ● Keadaan makhluk hidup di sekitar (hewan dan tumbuhan)
  ● Keadaan diri sendiri (mental, fisik dan kesehatan)
 Adanya kesulitan-kesulitan tersebut biasanya timbul akibat kesalahan kita sendiri.

1 komentar: